Direksi Antam Siap Dirombak

Posted on Juni 12, 2008

0


PEMERINTAH kian mematangkan rencana perombakan direksi di tubuh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang bakal digelar dalam waktu dekat ini. Jabatan yang sudah pasti digeser adalah posisi Direktur Keuangan yang kini diduduki oleh Kurniadi Atmosasmito.

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN), Sofyan Djalil mengatakan, hingga kini pemerintah terus menggodok nama-nama yang bakal mengisi posisi direksi di Antam. Menurut dia, pemerintah telah menyiapkan lima nama sebagai calon direksi Antam, dan salah satu calonnya berasal dari kalangan luar untuk jabatan direktur keuangan.

”Sebanyak empat dari internal, dan satu dari eksternal. Nah, yang eksternal itu untuk posisi direktur keuangan. Kami memang akan rombak semua direksi karena masa jabatan sudah habis dan rata-rata usianya juga sudah tua,” katanya usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Rabu (11/6).

Sofyan mengatakan, sampai kini pemerintah sudah menyeleseksi calon-calon yang kesemuanya memiliki kinerja baik. ”Pokoknya kami sudah seleksi calon-calon generasi muda dari Antam dan ternyata banyak yang bagus.”

Seperti diketahui, susunan direksi Antam kini terdiri dari, Dedi Aditya Sumanagara (Dirut), Syahrir Ika (Direktur SDM dan Umum), Alwin Syah Loebis (Direktur Operasi), Kurniadi Atmosasmito (Direktur Keuangan) dan Darma Ambiar (Direktur Pengembangan). Kecuali Dedi, yang menjabat sebagai direktur utama sejak 1997, lainnya menduduki jabatannya sekarang sejak 2003.

Saat ini, Dedi sendiri sudah habis masa jabatannya. Sedangkan masa jabatan untuk direksi lain, masih memungkinkan untuk diperpanjang. ”Tapi, itu semua tergantung RUPS. Khusus Pak Dedi, memang harus diganti sementara yang lainnya masih bisa diperpanjang jadi untuk posisi lain itu tergantung RUPS. Nanti saya umumkan nama-namanya,” kata Meneg BUMN.

Sekretaris Meneg BUMN, M Said Didu menambahkan, memang pemerintah sudah berencana mengganti semua direksi PT Antam. Pekan ini, kata dia, fit and proper test mulai digelar. ”Untuk masing-masing jabatan kami sudah siapkan tiga calon,” katanya.

Namun, Said menolak untuk menyebutkan siapa saja calon-calon itu. Dia bilang, ”Nanti saja. Pasti diumumkan. Kami masih cari.”

Posted in: Korporasi